DETAIL BERITA

  • Pembinaan oleh Dirjen DI PT Medan
  • meresmikan pelaksanaan dan penerapan SIPP (sistem informasi penelusuran perkara), SIPPO (sistem informasi pend
  • Meninjau Ruang Sidang Anak
  • Sebagai warga kehormatan Nias Selatan
  • Sebagai warga kehormatan Nias Selatan

Kunjungan Dirjen di wilayah hukum PT Medan

Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum bapak Herri Swantoro didamping 4 pejabat eselon 2 dan seorang eselon 3 melaksanakan pembinaaan diwilayah hukum pengadilan tinggi sumatera utara. Dalam kunjungan yang dilaksanakan selama 4 hari kerja mulai tanggal 31 maret s/d 3 april 2015 mendatangi PN Medan, PN Lubuk Pakam, PN Stabat, PN Kabanjahe dan PN Gunung Sitoli. Dalam kunjungan tersebut beliau meninjau langsung tentang sarana tempat sidang di pengadilan, absensi, tempat tahanan anak, tempat tahanan pria dan wanita, ruang tunggu pengunjung, fasilitas pelayanan kepada masyarakat , toilet , arsip, register, pelaksanaan anggaran,  SIPP dan meja informasi.

Dari hasil pantauan tersebut masih ada beberapa pengadilan negeri yang harus diperbaiki dari segi pelayanan umum yang belum prima, sarana pengadilan ( ruang tahanan , ruang tunggu, fasilitas umum) dan masalah disiplin pegawai yang masih harus ditingkatkan dari segi teknis dan perilaku dalam etika profesi. Ketiga hal tersebut merupakan hal yang pokok dalam rangka meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan serta diharapkan pengadilan negeri mampu menjalankan sistem secara kredibel dan transparan. Hal ini sesuai dengan keinginan dari MARI untuk melakukan perubahan disegala lini.

Dalam kesempatan tersebut di pengadilan negeri kabanjahe dirjen meresmikan pelaksanaan dan penerapan SIPP (sistem informasi penelusuran perkara), SIPPO (sistem informasi pendaftaran perkara perdata online), dan sistem informasi tata persuratan (sirat). Dalam sambutannya mengimbau kepada beberapa satker agar dapat segera melakukan pembenahan dari segi pelayanan seperti halnya PN Kabanjahe dan menjaga komunikasi yang baik dengan Pemda setempat, Sehingga pemda tersebut dapat mensupport dalam hal positif pengadilan setempat didalam meningkatkan sarana dan prasarana guna menutupi beberapa kekurangan yang tidak dapat dipenuhi secara maksimal dan mandiri.

Kunjungan ke beberapa satker yang antara lain ke Pengadilan Negeri Gunung Sitoli yang merupakan pengadilan terluar diwilayah Sumut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum disamping melakukan pembinaan juga mendapat kehormatan dari bupati dan warga Nias Selatan sebagai warga kehormatan setempat. Didalam pengangkatan tersebut menurut bupati dan warga setempat bukan sembarang orang yang dapat diberikan gelar tersebut karena menyangkut kredibilitas dari seseorang. Pemberian tersebut merupakan dambaan dari setiap orang yang melakukan kunjungan pulau nias karena mereka dianggap suci dari segala hal.

Kategori : Artikel
Dibuat Oleh : edwin