DETAIL BERITA

Rapat Persiapan Pembuatan Buku Himpunan Putusan Pengadilan

Jakarta - Badilum.info

timhpp1.jpg timhpp2.jpg

Bertempat di ruang Dharmayuktikarini Ditjen Badilum Mahkamah Agung RI, pada tanggal 30 Agustus 2010 diadakan rapat persiapan pembuatan Buku Himpunan Putusan Pengadilan. Rapat dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum , Cicut Sutiarso, SH, M.Hum didampingi Sekretaris Ditjen Badilum Mugyana Sukandar, SH, MH dan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Drs. Wahyudin, M.Si serta beberapa pejabat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI. Undangan yang hadir lima orang mantan Hakim Agung untuk membahas format pembuatan anotasi putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde), dalam rangka pembuatan buku himpunan putusan pengadilan. Kelima mantan hakim tersebut adalah : Habib Sjarbini, SH , R. Mochammad Iman, SH, Iskandar Kamil, SH, R. Sunu Wahadi, SH serta Titi Nurmala Siagian, SH.

Buku Himpunan Putusan Pengadilan yang akan diterbitkan merupakan kegiatan pada Subdit Tata Kelola Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Ditjen Badilum, mencakup putusan perkara pidana, perdata, dan PHI. Dalam pengarahannya Direktur Jenderal Badilum menjelaskan tentang sejarah Himpunan Putusan Pengadilan yang telah dipublikasikan sejak 1973 yang sebelumnya bernama Law Report, hingga sekarang menjadi Himpunan Putusan Pengadilan. Dalam pembuatan Buku Himpunan Putusan Pengadilan diambil dari putusan perkara yang menarik perhatian masyarakat dan berkekuatan hukum tetap.

Maksud diterbitkannya Buku Himpunan Putusan Pengadilan, diantaranya adalah sebagai bahan informasi, sarana pendidikan hukum bagi masyarakat dan kalangan perguruan tinggi serta sebagai bahan pertimbangan hukum bagi hakim yang akan memutus sengketa / perkara sejenis. Diharapkan dari anotasi yang diberikan oleh para mantan Hakim Agung, seorang hakim dapat lebih meningkatkan kualitas putusan sehingga dapat memuaskan pencari keadilan. (mrs)

Kategori : Berita Informasi
Dibuat Oleh : super admin