DETAIL BERITA

Perumusan / Penyusunan standar Operasional Prosedur (SOP) bagi Jurusita Pengadilan

Bogor - badilum.info

dsc_1627.jpg dsc_1763.jpg
dsc_1630.jpg dsc_1728.jpg


Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI mengadakan Perumusan / Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi Jurusita Pengadilan, acara diselenggarakan di Hotel Papyrus Bogor dari tanggal 30 Maret sampai dengan 1 April 2010 dihadiri 50 orang peserta, Pelaksanaan kegiatan ini terkait dengan Jurusita sebagai salah satu pelaksana tegaknya hukum, dalam melaksanakan tugasnya sangat diperlukan SOP dan sebagai standar aktifitas kegiatan pelaksanaan pekerjaan Jurusita.

Nara Sumber Ansyahrul, SH., MH. ( Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta ) dengan materi “Penjelasan dan pembahasan SOP peran Jurusita sebagai Penegak Hukum”, menyampaikan bagaimana pentingnya Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai dokumen yang menggambarkan segala informasi yang relevan tentang suatu pekerjaan dalam tugas Jurusita dan sebagai panduan kerja bagi setiap tindakan yang diperankan oleh Jurusita.

Jurusita sebagai ujung tombak pelaksana kegiatan peradilan yang dalam tugasnya menyangkut wibawa dan martabat peradilan sehingga perlu dibekali bukan hanya pengetahuan tentang hukum semata akan tetapi diperlukan kemampuan perbekalan khusus yang disertai ketrampilan dan penampilan yang mendukung terlaksananya tugas Jurusita. SOP adalah standarisasi pola dalam berbagai kegiatan pelaksanaan tugasnya. Pola ini merupakan landasan penilaian baik buruknya kinerja Jurusita, juga merupakan alat kontrol bagi semua pihak khususnya para pencari keadilan dalam menilai benar tidaknya pelaksanaan tugas yang dijalankan Jurusita.

Pentingnya SOP bagi Jurusita adalah merupakan suatu keharusan di samping mempermudah Jurusita dalam melaksanakan kegiatan yang menjadi alat ukur baik buruknya kinerja Jurusita, yang pada akhirnya diharapkan good governance dapat terlaksana.

dsc_1850.jpg

Kemudian Nara Sumber Erna Irawati, S.Sos, M.Pol Admin ( Kepala Bagian Administrasi Pusat Kajian Manajemen Kelaikan Lembaga Administrasi Negara RI ) dengan materi ”Penjelasan dan Pembahasan cara penyusunan SOP / Format SOP Jurusita Pengadilan serta pengisian format”. Menjelaskan cara penyusunan SOP dengan mengisi format yang telah disediakan mengenai uraian jabatan dan berbagai hal perlu ditegaskan dalam setiap format SOP, dapat digambarkan antara lain sebagai berikut :

sop_js.doc

Kategori : Berita Informasi
Dibuat Oleh : super admin