DETAIL BERITA

DR. H. Harifin A. Tumpa Terpilih Sebagai Ketua Mahkamah Agung RI

dsc_1154.jpgJakarta - Badilum.info

Setelah sekian bulan Mahkamah Agung sebagai Lembaga Tertinggi di bidang Yudikatif tidak mempunyai Ketua dan Wakil Ketua Bidang Yudisial, akhirnya terpilih Bapak DR. H. Harifin A. Tumpa yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Non Yudisial menjadi Ketua Mahkamah Agung yang baru. Sedangkan untuk posisi Wakil Ketua Bidang Yudisial terpilih Abdul Kadir Mappong, SH dan Wakil Ketua Bidang Non Yudisial terpilih Drs. Ahmad Kamil, SH, M. Hum.

Pemilihan Ketua Mahkamah Agung yang baru ini hanya berlangsung dalam 1 putaran saja, karna beliau didukung lebih dari 50% total keseluruhan Hakim Agung yang ada.

Dalam sambutannya sebagai Ketua Mahkamah Agung yang baru, beliau mengatakan "Saya tidak mau dianggap pengecut. Ini adalah bentuk kecintaan saya kepada Mahkamah Agung" dan beliau mengaku sebagai lokomotif di Mahkamah Agung tidak akan mundur dalam pencalonan sebagai Ketua Mahkamah Agung.

Profil DR. H. Harifin A. Tumpa

DR. H. Harifin A. Tumpa lahir di Soppeng Sulawesi Selatan 23 Februari 1942, menikah dengan Herawati Sikki dan dikaruniai 3 orang anak yaitu A. Hartati, A.J. Cakrawala, dan Rizki Ichsanudin. Beliau memulai karirnya sebagai Hakim pada Pengadilan Negeri Takalar pada tahun 1969 dan selanjutnya Beliau menjadi Ketua Pengadilan Negeri di beberapa Pengadilan Negeri Sulawesi Selatan. Sebelum menjadi Hakim Agung, Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Perdata Mahkamah Agung pada tahun 1997 sampai dengan tahun 2000. Kemudian menjadi Hakim Agung sejak tanggal 14 September 2004. (KAS/AB)
Kategori : Berita Informasi
Dibuat Oleh : super admin